Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KUE KAMIR KHAS PEMALANG

Jika anda berjalan - jalan ke kabupaten Pemalang Jawa Tengah, anda akan menemukan jajanan atau kue yang khas di kota ini. Salah satu jajanan atau kue yang khas adalah kue kamir. Menurut cerita warga Pemalang, orang pertama yang membuat kue kamir adalah seorang warga arab yang tinggal di kelurahan mulyoharjo Pemalang, yang dikenal dengan sebutan Kampung Arab. Karena banyaknya yang membuat dan menjual kue kamir di daerah ini, maka daerah ini dikenal sebagai pusatnya kue kamir di Pemalang.

Kue Kamir Terigu 

Nama kamir itu sendiri tidak disebutkan dengan jelas dari mana asal pengambilan nama itu. Ada yang menyebutkan nama kamir berasal dari bahasa arab yaitu khamer atau berasal dari nama orang pembuat kue kamir  itu sendiri yang dari keturunan arab. Tetapi adapula yang menyebutkan bahwa kamir berasal dari kata khamir yang dalam bahasa arab berarti ragi, karena dalam pembuatan kue kamir ini sebelum dimasak, terlebih dahulu didiamkan semalam agar bisa mengembang dengan sempurna dan terjadi proses fermentasi.

Kue kamir berbentuk bundar, pipih, dan berwarna agak kecokelatan. Kue ini mirip dengan kue serabi ataupun kue apem, namun bentuknya lebih bantet dan sedikit lebih besar dan tebal. Kue ini terbuat dari adonan terigu, mentega, dan telur, dan sekarang ini kue kamir tidak saja memiliki rasa yang original, tetapi juga dibuat beberapa varian rasa sehingga bahannya dicampur dengan beberapa bahan tambahan seperti cokelat, pisang, tape, ataupun durian.

Ada dua jenis kue kamir yang dibuat oleh warga Pemalang yaitu kue kamir terigu dan kue kamir yang terbuat dari tepung beras. Kue kamir beras terbuat dari campuran bahan seperti tepung beras, santan, dan gula. Sedangkan kue kamir terigu terbuat dari campuran bahan seperti tepung terigu, mentega, dan telur.  Sebenranya untuk cara pembuatan keduanya hampir sama, tetapi dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi. Meskipun untuk kamir beras tampilannya sedikit berbeda dibagian atasnya yang sedikit mengkilat dan dibagian bawahnya berwarna kecokelatan. Untuk rasanya, kamir beras terasa lebih gurih dibandingkan kamir terigu, karena ada campuran santan didalamnya. Sedangkan kamir terigu berasa lebih manis karena lebih banyak gula.

Diantara kamir beras dan kamir terigu, lebih banyak ditemui penjual kamir terigu di kabupaten Pemalang, karena lebih tahan lama dibandingkan kamir beras yang bahannya terbuat dari santan. Kue kamir terigu banyak dijual di daerah kelurahan Mulyoharjo atau yang dikenal sebagai Kampung Arab di kecamatan Pemalang. Selain itu kue kamir juga di jual di sepanjang jalan Jenderal Sudirmal, jalan Ahmad Yani, jalan Pemuda, dan juga disekitar alun - alun Pemalang. Tidak heran jika banyak pengunjung dari luar kota yang berkunjung ke kabupaten Pemalang dan memilih kue kamir terigu sebagi oleh - oleh untuk dibawa pulang. Karena selain harganya yang murah, rasanya yang manis dan punya banyak variasi rasa serta bisa bertahan beberapa hari. Kue kamir sangat cocok dijadikan sebagai cemilan saat santai atau menonton televisi.

Kue kamir sekarang  mudah dan banyak di jual diluar kabuaten Pemalang. Tetapi jika anda berkunjung atau melintasi kabupaten Pemalang, dan ingin menikmati kue kamir yang asli buatan orang Pemalang, tidak ada salahnya mampir dan mencoba kue kamir ini sebagai camilan anda saat beristirahat di kabupaten Pemalang atau saat anda melanjutkan perjalanan ketempat tujuan untuk dijadikan sebagai oleh - oleh. Rasanya yang gurih dan manis pasti membuat anda ketagihan untuk menikmatinya kembali. Bagaimana apakah  anda ingin mencoba kue kamir??? mampirlah ke kabupaten Pemalang.

Posting Komentar untuk "KUE KAMIR KHAS PEMALANG"