Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NASI GROMBYANG MAKANAN KHAS PEMALANG

                                                                                                                                                                     
Nasi Grombyang

Indonesia adalah surga makanan bagi pecinta kuliner. Indonesia memiliki banyak daerah yang memiliki makanan khas masing - masing. Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang juga memiliki banyak makanan khas pada masing - masing kotanya. Salah satu kota di utara pantura jawa tengah yang memiliki makanan khas yang cukup terkenal adalah kabupaten pemalang. Pemalang terkenal dengan beberapa makanan khasnya, salah satunya adalah nasi grombyang. Makanan ini dinamakan grombyang dikarenakan dari bentuk penyajiannya, yaitu kuahnya yang menutupi nasinya sehingga kelihatannya bergoyang - goyang. 

Nasi Grombyang sekilas mirip dengan soto atau rawon lantaran bumbunya juga menggunakan kluwek. Namun bukan soto atau rawon jika sudah merasakannya, karena perbedaan rasa kuahnya. Nasi grombyang memiliki kuah yang lebih encer tidak sepekat rawon. Nasi grombyang berisi irisan daging kerbau  dan disiram dengan kuah yang berbumbu rempah dan rasa yang gurih dengan aroma wangi yang khas yang berasal dari kelapa sangrai, diatasnya ditambahi dengan irisan daun bawang. Dalam penyajiannya nasi grombyang disajikan dengan seporsi mangkok kecil berisi nasi dan biasanya dilengkapi dengan sate daging, sate usus dan sate kikil. Rasanya yang manis dan gurih membuat nasi grombyang tidak cukup jika hanya makan satu possi saja. Porsinya memang tidak besar namun untuk yang merasakan kelezatan dari nasi grombyang pengunjung bisa ketagihan untuk nambah beberapa mangkok kecil lagi. Ciri khas dari padagang nasi grombyang terletak pada tempat jualannya yang berupa kuali besar berisi sayur grombyang yang masih panas beserta sate dan irisan daun bawang.

Secara histori tidak dapat dipastikan kapan nasi grombyang diciptakan. Namun menurut sumber dari masyarakat pemalang nasi grombyang sudah ada sekitar tahun 1960an. Saat itu penjual nasi grombyang tidak berjualan secara menetap, tetapi berkeliling. Didaerah pemalang penjual nasi grombyang banyak berjualan disepanjang jalan RE martadinata atau sebelah utara alun - alun pemalang. Mereka berjualan sekitar pukul 17.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB. Warung nasi grombyang di alun - alun pemalang sangat sederhana dalam penataannya. Ada suasana khas jika kita masuk warung tersebut, yaitu ada bangku dan meja kayu panjang serta penerangan remang - remang menggunakan lampu templok  yang juga menjadi ciri khasnya.

Jika Anda dari luar kota dan kebetulan melintasi kabupaten pemalang, kurang lengkap jika Anda tidak mampir disepanjang jalan RE Martadinata sebelah utara alun- alun pemalang untuk mencicipi nasi grombyang.

Posting Komentar untuk "NASI GROMBYANG MAKANAN KHAS PEMALANG"