Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Membuat Sebuah Tulisan

Menulis adalah suatu kegiatan yang gampang - gampang susah. Bagi mereka yang hobi menulis pasti lebih mudah untuk menuangkan ide - ide kreatifnya untuk dibuat tulisan. Lain hal jika orang yang tidak memiliki passion untuk menulis, jika dituntut harus menuliskan sebuah artikel asli atau original buatan sendiri bukan hasil salinan tentunya sangatlah sulit. 

pexels.com
Menulis adalah kegiatan yang membutuhkan konsentrasi yang penuh dalam menemukan ide, gagasan yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan. Tulisan yang dihasilkan adalah hasil dari gabungan kata demi kata yang kemudian dirangkai menjadi kalimat yang  mempunyai makna dan tujuan. Ide menulis bisa datang dari mana saja, bisa dari pengalaman pribadi atau dari pengalaman orang lain. Sumber tulisan juga bisa datang dari hasil pengamatan kita pada kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar, seperti kejadian yang sedang viral atau baru - baru ini terjadi.

Menulis bisa  jadi sangat mengasyikkan bagi orang yang punya minat, bakat dan passion dalam hal menulis. Menulis bisa dijadikan sebagai sarana untuk menumpahkan isi hati, perasaan, dan pikiran yang sedang kita dialami. Berbagai hal yang kita alami sehari - hari seperti rasa senang, sedih, marah, kecewa, galau adalah perasaan yang secara normal dialami oleh setiap orang di dunia ini. Hal inilah yang bisa kita gunakan sebagai bahan tulisan kita. Apa yang kita rasakan di hati dan kita simpan didalam pikiran bisa kita ungkapkan dalam bentuk tulisan. Inilah yang akan menjadi tulisan kita yang murni bukan dari jiplakan dari hasil karya milik orang lain.

Bagi anda yang suka menulis artikel ada berbagai macam tema tulisan yang bisa anda buat, diantaranya adalah menulis bertemakan tentang berita, hiburan, kuliner, kesehatan, gaya hidup, olahraga, maupun berbagai tips berkaitan dengan hal - hal yang bisa menginspirasi hidup. Salah satu tulisan yang juga berhubungan dengan hati  dan perasaan adalah dengan menulis lagu, puisi ataupun syair. Anda bisa saja tersentuh dengan mendengarkan lagu yang liriknya ditulis dari hati. 

Menulis lagu banyak terinspirasi dari pengalaman diri sendiri  maupun dari pengalaman orang lain. Menulis lagu akan menghasilkan lagu yang menyentuh bagi pendengarnya jika memang ditulis dengan penuh perasaan dan menggunakan hati dalam merangkai kata - katanya. Begitu juga dengan puisi dan syair, jika kamu menuliskan semua yang kamu rasakan benar - benar dari hati pasti juga akan mengena dan menyentuh para pembacanya. Sehingga pesan yang kamu sampaikan lewat lagu, puisi atau syair dapat sampai dan diterima oleh pembaca.

Menulis adalah sarana yang tepat untuk mengungkapan segala ide dan gagasan yang ada pada pikiran atau otak kita. Menulis juga merupakan cara menyuarakan kata hati kita yang terkadang tidak bisa kita sampaikan secara langsung didepan umum. Terkadang tidak semua hal yang tidak kita sukai atau tidak kita setujui bisa kita sampaikan  secara langsung. Dengan berbagai alasan seperti tidak mau memncing keributan ataupun untuk menjaga perasaan orang lain. Dengan menulis kita bisa menyampaikan hal -hal yang mengganjal di hati dan pikiran kita tentang segala hal yang mungkin kita tidak sejalan atau tidak sependapat dengan cara pandang orang pada umumnya.

Dalam menulis haruslah jujur, apakah anda akan menulis sesuai dengan hati dan pikiran anda atau anda menulis mengikuti tren atau tema yang sedang viral. Semua tergantung dari pilihan anda, yang penting anda benar - benar tau apa yang akan anda tulis dan anda nyaman untuk menulis. Ketika anda ingin menulis sesuatu terkadang ide itu muncul secara tiba - tiba, ketika anda sedang berkendara, sedang menonton tv atau sedang melakukan aktifitas tertentu ide itu bisa muncul kapan saja. Sehingga anda harus segera dengan cepat menyimpan ide tersebut kedalam catatan pada buku, notepad atau notice pada handphone agar ide itu tidak segera hilang.

Di zaman sekarang ini sangatlah mudah bagi seseorang untuk menuliskan hal yang ada di hati dan pikiran mereka. Dengan munculnya berbagai media sosial sekarang ini seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, website dan media sosial lainnya memudahkan bagi seseorang untuk menuliskan segala hal secara bebas dan dengan mudah diakses oleh pembaca. Melalui media sosial kita bisa menulis berbagai hal yang kita rasakan, baik pada waktu bahagia, sedih, marah, kecewa atau bahkan menuliskan pendapat kita tentang suatu permasalahan yang sedang hangat - hangatnya menjadi pembahasan. Melalui media sosial sekarang ini memudahkan kita agar tulisan kita lebih tersebar dengan luas.

Kita bisa menuangkan semua ide yang ada dipikiran kita menjadi sebuah karya. Dengan tulisan kita sendiri,  kita pasti lebih mengerti maksud dan arti tulisan kita. Sehingga kita lebih mudah menyampaikan pesan atau tujuan tentang tulisan kita agar sampai kepada para pembacanya. Jadi janganlah malas untuk membuat tulisan.  Dengan menulis, anda bisa membuat karya yang bisa menginspirasi banyak orang. Dengan menulis, anda bisa mengungkapkan semua ide dan gagasan yang terpendam dalam pikiran anda. Jadi marilah kita mula menulis dari sekarang. 



Posting Komentar untuk "Belajar Membuat Sebuah Tulisan "